SMP Cahaya Harapan Tayan

Galeri

Diskripsi

Dari visi seorang hamba Tuhan (Alm) Pdt. DR (HC). Martinus Cion, S.Th yang melihat begitu banyak anak-anak dari kampung (berbagai daerah) yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih lanjut setelah menyelesaikan pendidikan dasar (SD) karena berbagai kondisi, sehingga pada tahun 1991 dibukalah SMP Cahaya Harapan yang dinaungi oleh Yayasan Cahaya Harapan Tayan. Dengan berbagai alasan saat itu SMP Cahaya Harapan belum diperbolehkan untuk beroperasi di Tayan (kota kecamatan), tetapi situasi itu tidak menjadikan Alm. Pdt. DR (HC). Martinus Cion, S.Th putus asa, akhirnya Beliau memilih desa Cempedak sebagai tempat berlangsungnya proses belajar dan mengajar SMP Cahaya Harapan. Barulah pada tahun 1994 SMP Cahaya Harapan diperbolehkan beroperasi di Tayan Hilir dengan diawali belajar di gedung gereja Gepembri Tayan karena proses pembangunan gedung belum selesai.

Gedung pertama yang dimiliki oleh Yayasan Cahaya Harapan Tayan selesai dibangun tahun 1996 walaupun melalui pergumulan yang cukup besar. Karena Yayasan Cahaya Harapan yang menaungi ada dua lembaga pendidikan di Pulau tayan yaitu SMP Cahaya Harapan juga ada SMKS Cahaya Harapan (saat itu namanya SMEA Cahaya Harapan Tayan) dan saat itu hanya memiliki 6 lokal Ruang kelas Belajar maka SMP Cahaya harapan proses pembelajarannya dilaksanakan siang hari, dan situasi pembelajaran masih dilaksanakan siang sampai saat ini.

Walupun mengalami proses yang cukup panjang, akhirnya Izin Operasional SMP Cahaya Harapan didapat dari Kanwil Departemen Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat No.154/I.14/Kep/1994/1995.Sehingga sampai saat ini SMP Cahaya Harapan merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat.
Dengan berjalannya waktu tanpa terasa saat ini SMP Cahaya Harapan Tayan sudah menamatkan 24 angkatan dengan jumlah siswa kurang lebih 1.200 siswa (rata – rata setiap tahun 50 orang siswa). Sudah cukup banyak alumni SMP Cahaya Harapan yang memberikan pengaruh positif kepada masyrakat di sekitar keberadaan para alumni.

Saat ini (tahun ajaran 2020/2021) jumlah siswa 228 orang dibagi dalam 7 rombel (kelas 7 ada 2 rombel, kelas 8 ada 3 rombel, kelas 9 ada 2 rombel) , sedangkan jumlah Dewan Guru 16 orang sesuai dengan Bidang Study yang diampunya, Tata Usaha 3 orang, tenaga kebersihan 2 orang, tenaga keamanan 1 orang.

Selain proses pembelajaran yang menyesuaikan dengan tuntutan kurikulum, SMP Cahaya Harapan mengutamakan pemulihan hati peserta didik dengan cara memberikan bimbingan rohani yang ekstra, juga memiliki kegiatan – kegiatan yang merupakan nilai lebih dari lulusan SMP Cahaya Harapan yaitu mengutamakan skil siswa/i di bidang IT (Komputer), Bahasa Inggris, Matematika, Kesenian, Keterampilan dan Olah Raga.

Harapan terbesar tahun – tahun ke depan SMP Cahaya Harapan Tayan akan lebih mampu memberikan kontribusi yang baik untuk masyrakat bangsa dan negara. Akhir kata, kami kembalikan segala hormat dan kemuliaan hanya kepada Tuhan Yesus Kristus yang empunya lembaga ini. Tuhan Yesus memberkati.

Peta Alamat